Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Saturday 3 July 2010

Breaking Bad >>> Drama Satir Penuh Kejutan



Sebenarnya lumayan telat juga review untuk Breaking Bad ini karena season 1 nya saja ditayangkan 2008, dan berapa kali Ithonx melihat dvd-nya tapi belum ada ketertarikan untuk membeli dan menontonnya. Tapi demi melihat season 3 nya yang lumayan seru, maka mulai menyusuri season 1, dan mengintip review2 luar tentang drama ini

Season pertama sudah selesai ditonton. Kesimpulannya: Hebat.

Lagi-lagi karakter guru di kedepankan dalam cerita-cerita satir. Mungkin masih ingat dengan karakter yang dimainkan Thomas Jane di HUNG, guru olahraga yang kesulitan ekonomi dan akhirnya menjalani pekerjaan sampingan sebagai gigolo amatiran. Atau yang masih segar mungkin Matthew Morrison sebagai Will Schuester di GLEE yang juga harus nyambi sebagai janitor ditempat dia mengajar. Kali ini di BREAKING BAD ada karakter bernama Walter White sebagai pemeran utama. Di usia-nya yang memasuki 50, dia masih harus berjibaku dengan kebutuhan rumah tangga sebagai guru kimia di SMA dengan menjalani pekerjaan sampingan sebagai kasir bengkel dan kadang mencuci mobil (apesnya mobil yang ia cuci milik siswa bandelnya sehingga dia jadi bahan tertawaan), istrinya sedang hamil anak kedua, dan putra remajanya cacat. Di antara kekesalannya dengan para murid yang tidak seperti dia harapkan, dia juga sering sebel dengan omongan iparnya yang seorang agen DEA, teman-teman seumuran yang sukses atau teman kuliah yang punya perusahaan yang menjadi hebat lantaran sumbangsih kepintarannya. Hidup makin ruwet ketika Walter tau bahwa ia terkena kanker paru-paru stadium 3. Benar-benar satir, seumur hidup menghindari rokok, malah terkena kanker paru-paru.

Di tengah kegalauan hatinya tentang keluarganya jika ia tinggalkan, tanpa sengaja Walter melihat mantan muridnya yang seorang dealer narkoba jenis crystal meth digrebek sodara iparnya. Terbesitlah di benaknya untuk menggunakan keahliannya di bidang kimia untuk bekerja sama dengan si mantan murid bandel itu meracik crystal meth yang paling hebat dan bernilai jual tinggi. Selanjutnya cerita bergulir ke tahap bagaimana walter dan patner mudanya mencuri alat2 lab dari sekolah, mencari bahan, bernegosiasi dengan bandar2 sangar dan usaha Walter mengelabui keluarga dan iparnya yang terus mengincar, belum lagi harus menyadari bahwa umurnya mungkin tak lama lagi.

Yang tidak suka dengan drama-drama berat tanpa wajah2 rupawan, dengan berat hati harus menghindari serial ini. Cerita berbobot dan unik ini mungkin setara dengan Nip/Tuck, Hung, atau The Sopranos. Semua aktor bermain total dan hebat. Penonton diajak menyusuri kelamnya hidup Walter yang menyedihkan dan sering kali menjadi bersimpati dengan tindakan melanggar hukumnya. Kita di sodori karakter2 abu-abu yang tidak jahat, namun memilih pilihan buruk akibat tekanan2 disekitar mereka. Ceritanya yang kadang lambat tidak menjadikan serial ini membosankan. Semua tampak natural dan berhasil menghibur dengan cara yang berbeda. Nilainya 9/10 deh.

0 comments:

Post a Comment