Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Sunday 27 June 2010

NEW MELROSE PLACE***New Intrigues? I don't think so...!


NEW MELROSE PLACE>>>>Era 90an dan awal 2000an adalah masa ke-emasan tayangan hollywood di pertelevisian nasional kita. Bahkan pada masa itu byk bioskop gulung tikar, belum lagi beragam serial tv yg menyesaki setiap jam tayang utama dan acara klip2 musik keren. Byk ulama saat itu menyarankan agar impor tayangan2 barat dikurangi, dan ternyata berhasil. Hasilnya, tv2 nasional disesaki sinetron tidak mendidik, musik2 kacangan, reality show yg menipu, berita2 bombastis, komedi anarkis (ha..ha, liat OVJ), infotainment gak penting, talk show gak karuan, dan parahnya stripping alias tiap hari.

Hadirnya tayangan impor 2 dekade lalu hrs diakui adalah exposure jitu bagi yg ingin belajar bhs inggris, bahkan ada guyonan "gak perlu kursus, yg penting nonton tayangan amrik saja, psti bisa cas cis cus".

Saat itu, semua tayangan serial ditayangkan perminggu tiap episode, tapi asyiknya tiap hari selalu ada serial laen sehingga tidak terlalu ditunggu. Ini tentu saja memberi keleluasan penulis cerita agar cerita tdk kendor kualitasnya, beda kan dg sinetron kita??

Di barisan soap opera, dekade 90an melahirkan Beverly Hills 90210 yang fenomenal, dan spin off-nya Melrose Place yg tidak kalah hebohnya. Tahun lalu demam remake serial2 lama melanda Hollywood, seolah membangkitkan lagi kejayaan dua opera sabun besutan Darren Starr (yg jg membidani Sex and The City) tsb. Hasilnya: penggemar lama menyukai, penonton baru ikut gandrung.

Jika 90210 berkisar soal remaja2 SMA dan polemiknya, maka Melrose Place menyoroti young adults alias thirty-something yang mulai berkarir beserta problematika di sebuah komplek apartemen sederhana.

Melrose versi 90an sebenarnya tidak memberi formula baru pada opera sabun modern, bahkan harus diakui terkadang ceritanya terlalu mengada-ada. Semua pemain tidak ada yang bertampang jelek,mungkin yg membuatnya istimewa adalah semua karakternya dibuat abu2 sehingga sulit memisahkan mana protagonis mana antagonis. Ceritanya pun hanya seputar rebutan pasangan, perselingkuhan, manipulasi, dan dibumbui adegan2 kiss disana-sini. Ketika di tayangkan SCTV hingga selesai pun hrs ditayangkan lepas jam 10 malam, namun rating-nya sangat tinggi sehingga krna byknya iklan, tayangan 45 menit kadang jadi 1 setengah jam. Makanya SCTV rajin menayangkan Melrose Place dari awal hingga selesai selama 7 tahun. Saat itu Ithonx memasuki tahun2 awal di SMA saat Melrose Place Season 1 mulai tayang (Ha..ha masih SMA sdh nonton MP)

Penggemar Melrose Place 90an akan merasa ini adalah lanjutan cerita sebelumnya, sedangkan penonton baru tidak perlu kuatir tidak tahu jalan ceritanya karena flashback akan terus ada setiap episode. Karakter Sydney yang tewas pada versi lama di ceritakan hanya pura2 saja dan memalsukan kematiannya dg bantuan mantan iparnya dr. Micheal Mancini (Thomas Calabro), Sydney membeli komplek apartemen 1404 dimana semua penghuninya adalah pemeran utama cerita ini. Salah satu-nya adalah David yg ternyata anak kandung Micheal yg di versi lama adalah salah satu penghuni komplek ini. Suatu ketika Sydney di ketemukan tewas (kali ini tewas beneran) di kolam renang, dan semua penghuni layak dicurigai menjadi pembunuhnya dengan bantuan adegan2 flshback, dan dari sinilah cerita bergulir. Beberapa karakter baru akan mengingatkan penonton lama dengan karakter2 Melrose versi 90an seperti pasangan Billy dan Allyson, Jo dan Jake, Micheal dan Jane, atau si gay Matt.

Kejutan hebatnya adalah Heather Locklear si pemeran Amanda Wayword si biang kerok di versi lama akan hadir lagi, Daphne Zuniga si pemeran Jo akan jadi bintang tamu. Di kabarkan Grant Show pemeran Jake juga bersedia bermain lain. Andrew Shue dan Courtney Thorne Smith si pemeran Billy dan Alisson jg sdh bersedia di kontrak. Sementara pemain2 laen jg sedang di lobby sprti Jossie Bisset (Jane) dan Allysa Milano. Dan masalahnya sekarang, para pemain baru yg kebat-kebit, jika pemain lama ikut bermain semua dan terbukti aktig mereka sdh pernah membuat penggemar senang, maka serial ini tidak butuh mereka....

Jika ingin bernostalgia, maka New Melrose Place harus ditonton (4cd, dan tdk ada tanda2 stasiun tv kita akan menayangkannya), dan jika kalian menyukai tontotan soap opera yg disesaki wajah2 cantik dan tampan and plenty of kissing scenes, inilah pilihannya. Personally, Ithonx merasa versi lama belum tertandingi karena hebatnya chemistry pemain2nya, tapi versi baru lumayan hip dan urban dengan theme songs yg catchy dan familiar, overall nilainya 7/10.

2 comments: