Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Sunday 27 June 2010

CARRIERS---Menakut-nakuti Dengan Cara Berbeda



FILM INI MENAKUTI KITA DENGAN CARA YG BERBEDA: Menakuti nurani kita dengan dilema moral. Sebenarnya agak susah mengkatagorikan film ini ke genre mana. Trailer dan poster-nya menggadang-gadangkan film ini sebagai horror. Ternyata tidak mengerikan sama sekali. Memang, film ini punya premis sama dengan Resiident Evil dan I am Legend. Tapi tidak ada Zombie dan darah muncrat di sini. Semuanya terasa mengalir lancar tanpa ada yang harus di tunggu.

Brian, Bobby, Danny dan Kate menyusuri state demi state mencari suatu tempat yg akan kita ketahui diakhir cerita. Kita dibawa ke suatu kesimpulan bahwa ada semacam virus yang menyerang manusia dan belum ada obatnya. Virus ini telah mengurangi populasi manusia. Kita diajak melihat road trip anak2 muda ini sekaligus mengenal karakter mereka sepanjang perjalanan yg mencekam dan kadang dilematis secara moral.

Beberapa adegan sangat menyentuh ketika tiap karakter harus mengambil keputusan sulit. Semua menjadi abu-abu ketika dihadapkan kenyataan bahwa semua orang ingin tetap hidup.

Jelas ini sebuah drama psikologis yang menuntut penonton untuk berempati dengan tiap karakter yang terlibat. Seperti dibilang tadi, tidak akan ada tubuh tercabik2, zombie atau darah berceceran. Film ini menakuti kita dengan cara yang berbeda : Menakuti nurani kita dengan dilema moral. Jangan mengharapkan action yg sangat luar biasa di film ini, tapi jika mengharapkan pendalaman karakter, cerita sederhana dg narasi cerdas, dan 'haunting effect' mendalam, film ini harus dicoba.

Chris Pine dengan cemerlang memperlihatkan ke "tengilan" aktingnya. Piper Perabo cukup berwarna, dan emily Vankamp lumayan juga. Lou Taylor (sbnrnya sgt tdk cocok jd adik Chris) lumayan membawa film ini ke tingkat yg menjanjikan. sementara pemeran pendukung (Ithonx cuma tau dia maen di CSI) yg sedikit lumayan efektif, si bapak yg ingin menyelamatkan putri kecilnya bisa membuat berkaca2.

Intinya, kita tidak diberi awal dan akhir di film ini. Seolah kita hanya melihat sepenggal cerita saja. Namun kesan yg didapat terus membekas. Memang, ini bukan film utk semua orang. But, try this like I did...and I love it

0 comments:

Post a Comment