Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Monday 21 June 2010

GLITTER....Titanic-nya Mariah yang hampir menenggelamkannya



Di rilis tahun 2001, film ini mendapat paling banyak sorotan media dan menjadi film yg paling banyak di cerca para kritikus. Gagal dalam banyak segi, dan album soundtracknya ikut2an gagal total, padahal secara kualitas soundtrack-nya jauh diatas rata..

Entah apa yang salah dengan film ini sehingga media benar2 "menghancurkan"-nya, padahal banyak film2 lebih atau sama buruknya tp tidak menjadi sorotan media. Benar, jawabannya adalah karena film ini dibintangi oleh sang DIVA. Mariah memang punya jutaan fans hard-core, namun haternya mgk sama byknya. Tidak sedikit yg jengah dg ke suksesan sang diva hingga sangat sulit penyanyi2 wanita muda meniti karir dan sukses jika pya suara biasa2 saja.

Kegagalan Glitter berimbas merosotnya karir mariah beberapa tahun, bahkan Mariah sempat dg sukarela mendaftarkan diri ke klinik jiwa lantaran terkena nervous breakdown. Mungkin masih ingat, era awal 2000an penyanyi2 muda semisal Alicia Keys, Norah Jones, Michelle Branch, belum lagi Britney dan Christina, juga Diva2 laen kyk Shania Twain, J.LO, Sherryl Crow berlomba2 merebut pasar musik dengan absennya Mariah yg sebelas tahun menguasai pasar musik, dan dinobatkan sebagai Penyanyi Wanita berpenjualan album terlaris sepanjang masa.

Semua orang mengira bahwa inilah akhir karir sang Diva, seperti penyanyi2 lain semisal Whitney Houston, Tiffany, dll yg berkarir tak lebih dari satu dekada. Salah Besar. Tahun lalu Mariah malah dipuji2 karena akting gemilangnya di film Precious.

Mariah Carey harus tertatih2 pasca film ini. Tiba2 kata "glitter" berasosiasi dg kata "failure" dan byk dipakai di media. Kontraknya hrs diputus, dan bahkan DVD film ini tidak diedarkan di US, namun hanya diluar Amrik.

Tahun 2003 Mariah merilis album Charmbracelet, namun responnya ttp buruk di US, sehingga Mariah memutuskan merilisnya di Eropa dan Asia yg diikuti tour dunia. Publik US rupanya belum memaafkan "kebobrokan" Glitter walau Charmbracelet lumayan sukses. Mariah juga bermain film2 berbujet kecil atau indie beberapa kali.

Dan di tahun 2005...di rilis lah album Emancipation of Mimi yg sukses besar dibanyak segi. Di nobatkan sbg album terlaris 2005, dan single "We belong together" mendapat predikat "Song of Decade", dan album ini mencetak rekor abadi buat Carey yg berhasil menjadi satu2nya penyanyi wanita yg punya hits no.1 terbanyak (di album berikutnya bahkan mengalahkan Elvis Presley)...

20 tahun sudah Mariah Carey berkarir, dan belum ada tanda2 sang diva akan berhenti mencetak rekor....

0 comments:

Post a Comment