Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Saturday 25 December 2010

SKYLINE >>> Kali Ini, Alien Yang Menang...!!


Jika dua tahun silam kita pernah disodori film yang bikin pusing kepala lantaran kamera yang shaky berjudul Cloverfield, nah sekarang kita disodori film dengan premis mirip namun lebih mainstream.

Mau tak mau kita harus membandingkan Skyline dengan film alien super sukses lainnya, yaitu Independence Day. Namun Skyline membidiknya dengan sudut pandang ala Cloverfield dengan minimnya karakter, dan tidak tampil semengerikan penghancuran di War of The Worlds.

Di barisan bintang-bintangnya, penggemar serial televisi pasti sudah akrab dengan Eric Balfour (Haven dan 24), David Zayas (Dexter), dan Donald Faison (Scrubs) yang memainkan karakter-karakter yang tidak terlalu kuat.

Cerita di mulai ketika dua pasang kekasih yang melihat cahaya menyilaukan ketika sedang tidur, kemudian cerita mundur ke beberapa jam lalu. Pengenalan karakterpun mulai bergulir. Masalah klise antar kekasih semisal kecemburuan atau hamil ketika belum siap menghiasi plot. Dan kekacauanpun dimulai ketika alien-alien berkilauan turun dari langit dan tanpa belas kasihan memusnahkan umat manusia.

Sudut pandang film hanya dari beberapa orang survivor (or not) yang dilanda dilema apakah harus meninggalkan gedung atau harus bertahan. Yah, sangat mirip Cloverfield. Penonton tidak diberi penjelasan asal-usul para alien dan hanya disodori cerita beberapa gelintir karakter yang harus bertahan hidup ini saja.

Harus diakui, film seperti ini bisa membuat yang menonton kesal dengan plot yang menggantung dan tidak lugas, namun bisa juga membuat beberapa orang terkesan dengan cara bertuturnya. Saya termasuk satu dari sedikit penonton yang terkesan tersebut.

Efek spesial sangat proporsional dan menolong ritme film sehingga tidak membosankan. Namun disayangkan akting para aktor, baik pria maupun wanita, sangat datar dan tidak membuat emosi penonton tercabik-cabik.

Dengan segala kekurangan dan menggantungnya akhir cerita, Skyline masih tetap bisa menghibur kok. Bakal ada sequel??

0 comments:

Post a Comment