Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Wednesday 1 December 2010

MERRY CHRISTMAS II YOU >>> Mimi At Her Best >>> Si Pemilik 5 Oktaf Kembali Memukau

Sang diva kembali merilis album...!!

Ini adalah album christmas kedua yang dirilis Mariah Carey. Album christmas sebelumnya, Merry Christmas, dirilis tahun 1994 dan mencetak rekor sebagai album christmas terlaris dan lagu All I Want For Christmas Is You menjadi lagu christmas paling banyak di putar di radio dan di televisi sepanjang dekade 90 an hingga saat ini.

Setelah 16 tahun, Mimi akhirnya merilis kloning album fenomenal tersebut dengan membubuhkan 'II' sebagai penanda bahwa album ini adalah sequel dari album 1994 itu.

Hampir satu setengah dekade Mariah Carey mengubah cara bernyanyinya secara bertahap. Album-album komersilnya terdengar urban dan hip pop, dengan campuran rap dan kadang tedengar 'engineered' dan lengkingan oktafnya makin jarang diperdengarkan atau paling-paling hanya diakhir lagu saja. Maka tak heran banyak yang mengira bahwa Mariah Carey mengalami degradasi pada vokalnya yang luar biasa fenomenal itu. Whistle Register, Vokal Akrobatik dan Melisma yang menjadi ciri khas nya di dekade 90an makin kendor. Apalagi tahun kemarin Mimi baru melepas album Memoirs of Imperfect Angels, yang 'miskin' vokal yang sangat powerful (dibandingkan album2 sebelumnya). Benarkah Mariah Carey sudah kehilangan suara emasnya?

Album Merry Christmas II You ini menjawab semua pertanyaan tersebut. Mariah melepas semua atribut rap, hip hop, dan lirik-lirik menggilitik untuk membangun nuansa chrismas yang klasik. Hasilnya, Mariah menjawab keraguan semua orang tentang vokalnya yang konon katanya sudah 'hilang' itu. Tiba-tiba setelah mendengar semua lagu di album ini, kita dibawa lagi ke nuansa 90an, masa-masa ketika Mariah Carey masih mengandalkan vokal sebagai jualan utamanya. Luar biasa. Nyatalah bahwa Mariah sengaja mengggeser aliran musiknya bukan karena degradasi vokalnya, namun karena memang ia sengaja melakukannya.

Album ini dirilis sekitar November 2010 dengan menjagokan lagu Oh Santa sebagai single pertama. Oh Santa benar-benar dahsyat. Fans dan kritikus sepakat kalau lagu ini memberi kesan bahwa Mariah mengambil 'roh' lagu All I want for christmas is you dengan mengkloning beat serta tema yang bisa dibilang persis. Lagu ini benar-benar catchy dan iramanya sangat mudah diingat. Mariah sendiri mengaku kalau dia berusaha agar lagu-lagunya tidak terlalu religius (bandingkan dengan lagu I Wish You Well atau Fly Like A Bird).

Mariah menulis empat lagu baru di album ini dan semua terdengar sangat dahsyat dengan olah vokal sangat prima. Duetnya bersama sang mama, Patricia Carey di lagu O Come All Ye Faithful menjadi highlight terindah buat album ini. Kedahsyatan vokal sang diva berpadu dengan suara menggelar operatik sang mama menjadikan lagu ini menjadi tak terlupakan.

Sejak album Merry Christmas tahun 1994 dirilis, lagu O Holy Night menjadi lagu christmas yang paling dihindari penyanyi-penyanyi wanita lain lantaran Mariah membawakannya dengan sangat luar biasa (dengarkan ketika diakhir lagu Mariah meneriakkan 'devine'..!!). Lagu ini seolah diciptakan khusus untuk dirinya. Di album II ini Mariah membawakannya secara langsung ala unplugged, dan lagi-lagi mematahkan tuduhan kalau Mariah sudah tidak lagi mampu menyanyikan lagu-lagu lamanya yang 'vocally challenging'.

Sebagai pencipta dan penyanyi lagu yang paling banyak diputar orang ketika christmas tiba, All I Want For Christmas Is You, Mariah sadar betul jika dia tidak memasukkan lagu tersebut ke dalam album ini, para fans akan kecewa. Maka dengan sentuhan berbeda dan dinyanyikan ulang, Mariah memasukkan lagu fenomenal ini dengan embel-embel 'extra festive'. Dan memang benar-benar luar biasa.

Sentuhan manis terakhir adalah hadirnya lagu Auld Lang Syne atau lagu tema akhir tahun yang semua orang sudah tahu melodinya. Mariah membawakannya dengan sangat berbeda dan luar biasa.

Dua puluh tahun berkarir dengan ratusan awards, pemecahan rekor, dan tak terhitung prestasi lainnya, Mariah Carey berada dalam posisi tak tergoyahkan. Album ini adalah penanda bahwa eksistensinya di dunia musik dan hiburan makin kokoh. Sang diva tidak lagi mengkuatirkan apakah album-albumnya akan laku atau tidak, karena jutaan fans-nya diseluruh dunia tahu betul bahwa Mariah Carey selalu melakukan yang terbaik dalam setiap album-albumnya.


Mariah Carey telah menciptakan standar yang sangat tinggi untuk penyanyi-penyanyi wanita muda bersuara bagus lainnya untuk di sebut DIVA, dan album ini menjadi bukti bahwa mahkota dan gelar diva terbaik masih akan sangat lama berada di kepala dan nama besarnya.

Song List

1. Santa Claus is Coming to Town (Intro)

2. Oh Santa!

3. O Little Town of Bethlehem / Little Drummer Boy Medley

4. Christmas Time Is In The Air Again

5. The First Noel / Born is the King (Interlude)

6. When Christmas Comes

7. Here Comes Santa Claus (Right Down Santa Claus Lane) / Housetop Celebration

8. Charlie Brown Christmas

9. O Come All Ye Faithful / Hallelujah Chorus feat. Patricia Carey

10. O Holy Night – Live from WPC in South Central Los Angeles

11. One Child

12. All I Want for Christmas is You – Extra Festive

13. Auld Lang Syne – The New Year’s Anthem

0 comments:

Post a Comment