Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Monday 23 May 2011

FREEDOM WRITERS >>> Kisah Nyata Erin Gruwell Yang Dihidupkan Hillary Swank


Hillary Swank pernah mengungkapkan bahwa dirinya hanya bermain di satu musim serial remaja populer Beverly Hills 90210 lantaran kontraknya tidak diperpanjang hanya karena kreator serial tersebut menganggapnya tidak cantik untuk menjadi bintang tetap. Hillary juga mengaku bahwa ia stres berat akibat peristiwa itu. Namun kemudian ia berujar bahwa ia bersyukur di depak dari 90210 karena akhirnya ia bisa berkarir di film, dan bahkan menjadi aktris paling dicari lantaran pernah mengantongi dua piala oscar. Kiprah Hillary seolah tak pernah berhenti hingga detik ini. Bandingkan dengan alumni serial 90210 yang masih berkubang di tayangan teve.

'Ketidak-cantikan' Hillary Swank adalah berkah bagi dirinya karena ia bisa bermain dengan peran-peran serius sekalipun ringan. Hillary Swank termasuk aktris yang mampu bermain di banyak genre. Tumpukan film-film yang pernah ia bintangi tak terbatas hanya film-film drama yang ditujukan bagi kritikus saja, namun juga film-film ringan, bahkan komedi romantis.

Satu dari banyak film berkualitas yang ia bintangi adalah Freedom Writers yang dirilis tahun 2007. Freedom Writers sendiri diangkat dari sebuah buku karya Erin Gruwell yang berisi pengalaman nyata dirinya sendiri ketika mengajar di sebuah sekolah di California. Di dukung Patrick Dampsey yang memerankan suami Erin Gruwell, Hillary mengumbar akting memukaunya yang inspiratif sepanjang film ini.

Jika Ibu Muslimah di Laskar Pelangi harus bertarung melawan keterbatasan fasilitas dan kemiskinan, maka Erin Gruwell harus bertarung dengan keberagaman, masalah rasial, birokrasi dan kejahatan di sekitar mereka.

Kita akan dibuat takjub dengan kegigihan Erin dalam mengajar siswa-siswanya. Bagaimana ia harus berjuang dengan uang sendiri demi mendidik para siswa, mencari metode yang tepat agar siswa-siswanya datang ke sekolah, bahkan mengorbankan perkawinannya.

(Erin Gruwell dan murid-muridnya yang asli)

Erin bahkan mengundang orang yang terlibat dalam buku The Diary of Anne Frank agar siswa-siswa yang ia suruh membaca buku tersebut mampu memaknai apa yang telah mereka baca. Bahkan penonton yang tak pernah tahu The Diary of Anne Frank ingin ikut membacanya.

Akhir cerita film ini mudah ditebak, layaknya dengan mudah kita juga bisa menerka apa yang terjadi di akhir cerita Laskar Pelangi. Beberapa plot bahkan terkesan mirip: Guru yang berjuang sendiri, kehilangan orang yang dicintai, dan harus ada murid yang menjadi 'tumbal'. Tapi tak apalah, film ini toh tetap inspiratif dan enak diikuti.

Sayangnya, Freedom Writers kurang mendapat apresiasi baik secara komersil dan minim penghargaan. Harus diakui jika menyebut film tentang perjuangan guru, maka khalayak ramai masih dengan fasih menyebut Dangerous Mind sebagai yang paling berkesan baik cerita, soundtrack maupun raupan uang di tangga box office.

Perhatikan poster film Dangerous Mind yang jauh lebih provokatif, belum lagi soundtracknya yang terus diputar dimana-mana dan tak akan pernah dilupakan orang (Inget Gangsta's Paradise-nya Coolio?)


Namun Hillary Swank harus tetap diberi dua jempol atas performa luar biasa yang ia tampilkan sepanjang film. Hill mampu menjiwai Erin Gruwell sang pahlawan tanpa tanda jasa itu dengan cemerlang. Dengan menonton film ini, tak seorangpun menyangkal bahwa guru adalah profesi mulia yang tak semua orang mampu melakoni dengan baik. Patrick Dampsey kali ini cuma menjadi pemanis saja, mungkin karena pada saat itu Patrick sedang naik daun lewat Grey's Anatomy, makanya ia diikutsetakan agar mendongkrak perolehan dolar.

Dan yang tak kalah apiknya adalah para bintang yang memerankan murid-murid Erin Gruwell. Murid-murid yang ada di film juga berdasarkan orang-orang yang benar-benar ada layaknya para laskar pelangi. Cukup membuat kita haru dan menyelami masalah mereka satu persatu.

Jadi, masih pengen jadi guru?

>>Ithonx<<

Tugas buat mahasiswa2 ku tercinta:

Write an essay on what it takes to be a good teacher in this so-called modern life. If you have become one, you can include your own experience to illustrate the challenge that teachers face. If you have not, you can ask some teachers or read some articles to get some insight. Also, your essay should explicitly mention your argument on how Erin Gruwell have done to her students and her own personal life. Oh, give your essay an interesting title. Enjoy. Keep writing, guys.

1 comment:

  1. okay,we will do it^^thanks for information about your assignment^^

    ReplyDelete