Universal

Universal
Me and films

Silahkan Cari

Sunday 24 June 2012

GOSSIP GIRL (SEASON 1) >>> Kisah Klise Remaja-Remaja Elit


Formula drama remaja nampaknya tak pernah bergeser, tak peduli dekade apapun serial tersebut dibuat. Cinta segitiga, sex, orang tua yang ikut campur, dan berebut pacar selalu menjadi sajian utama yang uniknya selalu punya penonton bejibun yang setia.

Di tahun 90an awal, kita di sodori serial tekenal Beverly Hills 90201. Drama ini awalnya berupa serial, namun kemudian menjadi soap opera berkepanjangan yang perlahan ditinggal bintang-bintang utamanya. Tapi mau tak mau, serial yang di remake dekade ini, punya pengaruh besar terhadap serial-serial lain sesudahnya. Sebut saja One Tree Hill, The OC dan juga Gossip Girl yang selalu apes dibanding-bandingkan dengan serialnya Jason Priestly itu.

Lalu? Jika sudah fasih mengikuti plot The OC, 90210, atau One Tree Hill maka plot yang ditawarkan Gossip Girl tak istimewa lagi.

Gossip Girl, yang diangkat dari novel terkenal dengan judul sama, membuka tiap episode dengan tuturan seorang blogger cewek tentang para remaja elit di Upper East New York. Nampaknya blog ini menjadi panutan semua remaja disana sebagai sumber juicy gossip yang sedang happening.

Sentral cerita bertumpu pada kisah persahabatan Blaire dan Serena, Chuck dan Nate, dan kakak adik Dan dan Jenny. Semua karakter ini 'bergesekan' dengan masalah pertemanan, cinta, perseteruan dan persaudaraan. Tak perlu di rinci masalah-masalah apa yang mereka hadapi, intinya sih tipikal remaja Amerika yang kerap digambarkan di televisi lah.

Tokoh orang tua juga di sempalkan agar lebih family-oriented, namun fokus utamanya adalah Lily (ibunya Serena) dan Rufus (bapaknya Dan) yang pernah menjalin asmara saat muda, dan kini anak-anak mereka berpacaran.

Sepanjang menonton episode demi episode, kita (baca: saya) tak akan pernah berhenti berujar "Plot yang ini mirip dengan plot di serial itu...". Bahkan gaya narasi prolog dan epilog mengingatkan kia hal yang sama pada Lucas di One Tree Hill yang lebih berkesan itu.

Dengan segala kekurangan dan ke'cheesy'annya, Gossip Girl lumayan menghibur bagi penggila serial remaja. Terus bersambung hingga season 5 adalah prestasi tersendiri bagi serial CW ini hingga bintang-bintangnya meraih ketenaran luar biasa, Walau tak begitu banyak, genre seperti ini akan terus menghiasi layar teve dan sedikit diantaranya akan menjadi fenomenal dan noslagia indah....suatu hari nanti

>>Ithonx<<

0 comments:

Post a Comment